Rabu, 20 Maret 2013

perbedaan page break dalam microsoft word dan OOO.writer





Perbedaan Page Break dalam Ms.Word dan OOo. Writer


  1. Page Break dalam Ms.Word
Page Break adalah garis batas yang menandakan berakhirnya halaman dan memulai halaman yang baru dalam aplikasi Microsoft Word. Untuk membuat page break dalam aplikasi Microsoft Word, te­kan tombol shortcut Control + Enter.

Di dalam Ms. Word banyak menu untuk Break, diantaranya adalah Page Break dan Next Page.
Tujuan utamanya adalah membagi dokumen menjadi beberapa bagian. Tapi,, Page Break dan Next Page punya fungsi inti yang berbeda.
http://1.bp.blogspot.com/-VXEdzlF7ugo/ULa-WJv-V0I/AAAAAAAAADc/6ZE6cNpz6tc/s320/gambar+1.jpg


Prosedur melakukan page break di Ms. Word 2007 seperti yang terlihat pada gambar di atas
:
Kalau mau nambah Section, pilih Page Layout – Breaks – Next Page.
  1. Kalau cuma mau nge-Break tanpa nambah Section, pilih Page Layout – Breaks – Page Break.

Lalu apa sebenarnya section itu?
Section ini sebenernya penanda dari suatu bagian pada dokumen.
Fungsinya : Dengan membagi dokumen menjadi beberapa section, kita akan mempermudah proses pemberian nomor halaman. Biasanya kalau kita membuat proposal atau dokumen akan ada bagian yang format page numbernya berbeda, nah dengan pembagian section kita bakalan gampang ngedit-ngedit format page number-nya. Misal, untuk Kata Pengantar dan Daftar Isi kita anggap mereka berada pada section yang sama, yaitu Section 1. Nah untuk Bab I Pendahuluan kita bedain dia sehingga kita anggap dia berada pada Section 2.
Intinya : Tiap section yang berbeda bisa kita buat beda juga format page numbernya..
Kalau Page Break yang hasilnya tidak nambah section itu fungsinya supaya bagian yang berbeda tidak akan saling berpengaruh. Contohnya ini, Bab I Pendahuluan dan Bab II Pembahasan biasanya untuk pemberian nomor halaman adalah kontinyu ( nyambung… ), tapi kalau kita sudah selesai bikin Bab I Pendahuluan ga jarang kita selesai di tengah halaman. Nah kalo mau masuk ke Bab II Pembahasan biasanya kita bakalan ngelakuin ”Enter – Enter -Enter -Enter -Enter -Enter – Enter” supaya Bab II Pembahasan berada di awal halaman.
Kalau itu yang dilakuin, misalnya nanti ada perubahan di Bab I, hasilnya malah bikin si Bab II jadi ikut turun. Nah dengan Page Break, kalaupun kita ngedit-ngedit Bab I, si Bab II akan stabil berada di awal halaman
  1. Page Break dalam OOo. Writer
Dalam menambahkan nomor halaman, gaya/style penomoran halaman kadang bisa berbeda antara satu halaman dengan halaman lainnya. Contohnya dalam sebuah buku, halaman-halaman awal kadang menggunakan penomoran dengan format romawi ( i, ii, iii, dst ) dilanjutkan dengan penomoran angka format biasa/arab ( 1, 2, 3, dst).
Dalam OpenOffice Writer, hal ini bisa diterapkan dengan page style yang berbeda. Dalam kasus ini akan diaplikasikan penomoran halaman 1 – 5 untuk halaman 1 – 5, diikuti dengan nomor halaman 10 – 15 untuk nomor halaman 6 – 10. Page style yang berbeda harus dipisahkan oleh sebuah page break. Dalam OO Writer, page break bisa dimasukkan secara manual ataupun secara otomatis.
Kali ini akan dibuat page break secara manual :
  1. Siapkan halaman (boleh kosong) sebanyak 10 halaman
  2. Pada halaman pertama pilih menu Insert – Footer – Default
http://1.bp.blogspot.com/-LznHKf9aPLo/ULa-bknmVRI/AAAAAAAAADk/hlbM0GwKamc/s320/h1.png

  1. Lalu pilih menu Insert – Fields – Page Number. Penomoran halaman berjalan normal, 1 – 10
http://3.bp.blogspot.com/-HH-dJzozLm8/ULa-k7_JzCI/AAAAAAAAADs/OQcsfJNpm_I/s320/h2.png


4. Pada halaman 5 kita masukkan Manual Page Break dengan cara pilih menu Insert – Manual Break.
  1. http://1.bp.blogspot.com/-ooVQkKIOmZU/ULa-pAiHlOI/AAAAAAAAAD0/fPAIz04M-zg/s320/h3.png
  2. 5. Dalam kotak dialog isikan / pilih seperti gambar berikut :
  3. http://3.bp.blogspot.com/-E6F-9qlx0J8/ULa-rsCdn1I/AAAAAAAAAD8/s6e2n6uixho/s320/h4.png
6. Maka otomatis penomoran halaman akan berlanjut dari nomor 10 dan seterusnya
Komentar :
Penggunaan Page Break dalam Ms.Word dan Ooo Writer berbeda, dalam Page Break Ms.Word (misalnya dalam Ms.Word 2007) dapat dilakukan secara langsung melalui “Page Layout” kemudian pilih Breaks kemudian bisa pilih page jika tanpa secton atau next pagejika menggunakan section sedangkan menggunakan Ooo Writer dapat dilakukan dengan manual maupun otomatis. Menurut saya keduanya sama-sama tidak begitu rumit dalam penggunaan namun, bagi saya lebih mudah menggunakan Page Break dalam Ms.Word walaupun mengguunakan Ooo writer lebih simple.

1 komentar: